Korengan Coba Obati dengan Tanaman Temu Ireng

Korengan Coba Obati dengan Tanaman Temu Ireng

TANAMAN- Manfaat tanaman temu ireng obat koreng, Tanaman temu ireng merupakan tanaman berbatang semu dengan ketinggian mencapai 2 m dan mempunyai rimpang yang bercabang-cabang yang berwarna cokelat dan beraroma khas. temu ireng memiliki daun lebar dan panjang berwarna hijau tua, serta bergaris cokelat. bunga pada tanaman temu ireng bergerombol dan berbulu halus.

Tanaman ini merupakan tanaman perkarangan yang tumbuh liar pada daerah yang mencapai ketinggian 1.500 m diatas perukaan laut. cara perkembangbiakkan temu ireng dengan potongan rimpang yang tua dan bertunas.

Jika kita hidup dilingkungan pedesaan, temu hitam banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang cukup familiar ditelinga masyarakat kita. Generasi pendahulu kita, nenek moyang kita, banyak memanfaatkan temu hitam sebagai jamu penambah nafsu makan untuk anak – anak mereka, ( jadi ingat, sewaktu kecil dulu sering dicekoki / dipaksa minum jamu temu ireng jika susah makan. Mau tahu caranya ..?

Rimpang temu hitam yang telah dicuci, diparut dan diperas dalam bungkusan kain yang bersih dan steril, sehingga keluar airnya dan minum secukupnya.Temu hitam banyak dipasarkan dalam bentuk umbi utuh yang telah besar dan tua dalam kondisi masih segar. Selain itu, jika kita menggunakan sebagai bisnis dengan skala yang besar, lebih baik memasarkan dalam bentuk simplisia, yang umum digunakan sebagai bahan obat atau industri jamu. Cara membuat simplisia temu hitam, seperti juga jenis tanaman obat tradisional lainnya.

Tanaman ini juga berguna untuk kesehatan, temu ireng juga memiliki kandungan minyak asiri, tanin, zat warna biru, tanin, lemak, dammar, zat pati. tanaman temu ireng juga berkhasiat untuk pengobatan seperti mengobati koreng, wasir, kurang nafsu makan, untuk caranya silahkan simak dibawah ini :

OBAT KORENG
CARA : Temu ireng diparut dan dicampur dengan belerang dan lima siung bawang putih. rebus campuran tersebut, dinginkan, dan oleskan pada badan yang sakit.

OBAT WASIR
CARA : Temu ireng dikupas dan diparut, kemudian disaringairnya. tambahkan kuning telur, aduk sampai merata, dan minum pada saat bangun tidur.

OBAT KURANG NAFSU MAKAN
CARA : Temu ireng dicampur dengan sedikit garam kemudian ditambahkan sedikit air. peras campuran tersebut dan diminum air hasil perasannya.

Demikian adalah sedikit tentang manfaat temu ireng untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat, kritik dan saran saya persilahkan, terima kasih sudah berkunjung. mohon untuk dishare.