Ciri-Ciri Wanita Madura

Ciri-Ciri Wanita Madura

WANITA - ciri-ciri wanita madura. assalamualikum wr wb. selamat sore menjelang malam. bagaimana kabar hari ini sahabat mas genli dimanapun berada semoga saja sehat selalu dan dalam lindungannya. madura terletak berdekatan dengan pulau jawa, madura masih termasuk dalam jawa timur. mayoritas penduduk madura bertani dan berladang.

Sejarah terbentuknya pulau madura itu karena Dalam cerita rakyat yang berkembang di Madura, disebutkan bahwa Suku Madura berasal dari keturunan Radhin Sagara (Raden Sagoro). Raden Sagoro adalah anak seorang putri dari Kerajaan di Pulau Jawa yaitu Medangkamulan. Kisahnya dimulai sebelum Raden Sagoro lahir. Ibunya, putri kerajaan Medangkamulan, tanpa diketahui sebab yang pasti tiba-tiba hamil. Ayahnya, Sanghyang Tunggal, Raja Medangkamulan, sangat murka mengetahui hal tersebut. Sang raja bahkan kemudian memerintahkan patihnya, Pranggulang untuk membunuh sang putri.

Namun tugas itu tak berhasil dilakukan sang patih hingga sang putri melahirkan anaknya. Konon ketika hendak membunuh sang putri, setiap hampir menyentuh leher, pedang jatuh. Kejadian itu sampai terulang tiga kali. Sehingga sang patih menghentikan tindakannya dan membiarkan sang jabang bayi lahir. Karena Pranggulang meyakini bahwa Sang Putri hamil bukan karena perbuatannya sendiri.

Akhirnya, Sang Putri dan anaknya dihanyutkan ke laut dan terdampar di tepi gunung (sekarang dinamakan Gunung Geger, Bangkalan). Dari gunung itu mereka melihat arah daratan yang lapang dan luas. Sedangkan gunung itu berada dipojok. Maka dinamakanlah Madura diambil dari kata “Madu Oro” yang artinya pojok daratan luas.

Mereka berdualah yang diyakini sebagai penduduk pertama pulau Madura. Sedangkan Sang Patih yang tidak bisa menyelesaikan tugasnya kemudian enggan kembali ke Medangkamulan karena malu. Patih Pranggolang kemudian mengganti namanya menjadi Kiai Poleng

Ada pula yang menduga bahwa asal nama san suku Madura adalah dari India. Tepatnya dari daerah yang sama namanya, Madura atau Madurai di Tamil Nadu, India Selatan. Menurut Mien Ahmad Rifai dalam Manusia Madura, Pilau Madura telah dihuni manusia jauh sebelum Kerajaan Medang berdiri.

Sekitar 4000 tahun yang lalu atau 2000 tahun sebelum Masehi, bangsa dari utara dan kebudayaan neolitik telah berdatangan dan mendiami Pulau Madura. Mereka telah mampu bercocok tanam dan memanfaatkan kekayaan laut. Seiring dengan masuknya para pedagang dari India dan Tiongkok awal abad Masehi, sedikit demi sedikit kebudayaan dan kepercayaan suku Madura berubah. Namun dalam perdagangan, orang Madura hanya menjadi perantara. Karena keterbatasan sumber daya alam.
Hal ini juga yang menyebabkan kerajaan-kerajaan di Madura tidak bisa berdiri sejajar dengan Jawa. Madura selalu menjadi bawahan atau bagian dari kekuasaan Jawa. Mulai zaman Kalingga, Mataram Kuno bahkan sampai Mataram Islam. Meski diwarnai dengan banyaknya pemberontakan, Madura tetap menjadi negara bawahan kerajaan besar di Jawa. Begitulah sekelumit tentang asal usul nama dan Suku Madura. Kini, Suku Madura telah menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia.

Sedangkan geografis pulau madura terletak sebelah timur laut pulau jawa yang sudah awal saya sebutkan bersebelahan dengan surabaya. orang-orang madura juga hidup selain dari bertani juga ada juga memiliki ternak dan bahkan ada yang menjadi nelayan.

Karakteristik dari orang madura adalah memiliki sifat yang keras dan juga disiplin. nah kalau soal gaya berbicara orang madura mungkin agak kasar, itu adalah ciri khas dari orang madura. jika anda berkunjung ke madura jangan lupa untuk menyicipi makanan khas madura yaitu sate kambingnya hehehe.. sate kambing khas madura sudah terkenal kemana-mana, jadi jangan heran jika penjual sate paling banyak dari orang madura.

Kita sudah panjang lebar berbicara mengai kota madura, orang madura dan sifat dan karakteristik orang madura dan kini tinggal saya sedikit membahas mengenai ciri-ciri wanita madura. mas genli akan menjelaskan secara global atau umum saja bagaimana wanita madura. untuk lebih jelasnya simak dibawah ini :

ciri-ciri wanita madura
  • warna rambut hitam dan lurus.
  • memiliki kulit putih.
  • memiliki hidung mancung.
  • bentuk wajah oval.
  • gaya berbicaranya mungkin agak ditekan seperti orang bali.
  • lebih suka terbuka.
  • mudah bergaul.
  • Dll
Mungkin itu saja yang dapat mas genli jabarkan menganai wanita madura. terima kasih sudah berkunjung di blog mas genli, mohon maaf jika ada kata-kata atau penulisan yang salah. karena saya hanya manusia biasa dan kesempurnaan hanya milik sang pecipta tuhan yang maha esa.

Jangan lupa kritik dan komentar tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain. mas genli ucapkan terima kasih wassalamualaikum wr wb.